Merk: Suzuki
Model: Ertiga trim GX
Transmisi: Manual 5-speed
Tahun Pembuatan: 2012
Harga Baru (pada saat punya/tes): Rp 165.000.000,- OTR JaBoDeTaBek, fixed price until July 2012
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): n/a
Spesifikasi Kendaraan: K14B petrol engine 1.4 litre, FF drivetrain configuration, ABS & dual-SRS airbag as standard (GX only), MID on dash, audio head unit with USB connection & audio switch on steering wheel, key immobilizer as standard (GA, GL, GX), tilt steering column (GX)
Ulasan:
Jagoan baru SIS setelah cukup stagnan di beberapa lini penjualan produknya sendiri juga buat pendobrak pasar yang mulai jenuh dengan xenia kembar. Mobil ini oleh SIS di posisikan berada di tengah antara Xenia & Grand Livina, strategi yang cukup cerdas mengingat mobil ini di desain sebagai mobil 7 seater dengan segala kelebihan dan keterbatasannya sebagai alat transportasi.
Positif:
- 5 + 2 seater
- Konfigurasi penggerak FF lebih efisien dalam konsumsi bbm dibanding konfigurasi FR
- Karakter mesin K14B fun ketika cruising
- Rasio transmisi cukup panjang
- Level ergonomis kabin cukup baik & praktis
- Pantauan sisi pengemudi baik
- Standar keamanan mobil + keselamatan berkendara cukup baik (Key immobilizer di semua varian trim, ABS-EBD & front dual SRS airbag hanya di trim GX)
- Kinerja Air-Con mumpuni
- Stabilitas & kinerja suspensi kendaraan cukup baik
- Jaringan Layanan purna jual Suzuki.
Negatif:
- Akselerasi mobil tidak terlalu istimewa karena rasio transmisi yang panjang
- Ada sedikit gejala understeer layaknya mobil dengan konfigurasi penggerak FF
- Opsi transmisi otomatis belum hadir
- Opsi Air Con double blower belum hadir
- Desain kursi baris ke-3 tidak terlalu praktis
- Dominasi bahan fabric pada pelapis trim pintu mudah kotor
- Daftar inden panjang
Ringkasan:
Secara keseluruhan, hasil kreasi Maruti Suzuki untuk merancang & memproduksi mobil ini sangat pas dengan sikon India & INA. 7-seater tulen dengan level kepraktisan kabin yang baik juga tambahan opsi teknologi keamanan / keselamatan pasif menjadi nilai tambah bagi calon pemilik mobil yang sadar dan waspada akan keamanan dan keselamatan berkendara.
Pendapat pribadi (subjective):
dari beberapa forum, debat & diskusi yang ada di internet mengenai Ertiga, ekspektasi buruk soal mobil ini akan berubah kalau mereka bisa mendalami lebih jauh apa tujuan & fungsi kenapa mobil ini (Ertiga) dibuat.
AC single blower yang katanya menjadi halangan terbesar tidak terbukti, konfigurasi FF yang dicibir banyak orang ternyata memberi feeling & sensasi menyetir yang berbeda, Untuk mereka yang memiliki Swift / Splash / SX4 ~ feeling menyetir Ertiga memiliki rasa yang identik karena memang Ertiga dirancang berdasarkan Swift gen. 6.
Begitu juga dengan ergonomi kabin, cukup banyak posisi yang bisa diatur untuk kenyamanan penumpang, terlebih ruang penyimpanan barang cukup mumpuni. Tapi... mungkin dirasa lebih baik lagi kalo Maruti & Suzuki membuat mekanisme lipat terpisah untuk kursi deret ke-3 supaya level kepraktisan kabin meningkat.
Bagi yang ingin meminang mobil ini diharapkan bersabar, karena peminatnya ternyata lumayan banyak ( tercatat lebih dari 12.000 orang peng-inden Ertiga dalam skala nasional ~ situasi yang sama terjadi ketika Suzuki merilis SX-4 beberapa tahun lalu). bagi yang ingin menunggu varian transmisi otomatis & Air Con double blower juga harus bersabar hingga tahun depan karena adanya beberapa penyesuaian komponen untuk kondisi di INA.
garis besarnya.... Ertiga cocok sebagai mobil keluarga yang menginginkan feeling menyetir SX-4 dengan "rasa" fisik mobil diantara Xenia dan Grand Livina.
http://livebeta.kaskus.co.id/show_post/000000000000000688223472/2422
0 comments:
Posting Komentar
Link broken? unavailable picture? Kurang jelas? Tell us!