Jumat, 27 Juli 2012

Review/Liat Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T

Share & Comment

Merk : Mitsubishi
Model : Pajero Sport Dakar 4x2 A/T
Transmisi : 5-speed A/T Tiptronic
Tahun pembuatan : 2012
Harga baru (saat punya/tes) : 443juta (OTR Semarang)
Harga bekas (pada saat penulisan ulasan) : N/A

Spesifikasi kendaraan :
2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) Variable Geometry Turbocharger (VGT), 178HP, FR, dual airbags, ABS

Ulasan :
Pajero Sport Dakar adalah versi upgrade dari Pajero Sport Exceed. Diluncurkan oleh KTB pada semester akhir 2011, selang beberapa bulan, versi facelift nya langsung diluncurkan dengan banyak ubahan, utamanya rear disc brakes dan paddle shift (sebelumnya rear disc brakes dan paddle shift hanya tersedia di tipe Dakar 4x4), kemudian perubahan model pelek menjadi lebih "garang" (versi awal, pelek tidak berubah, modelnya sama dengan tipe Exceed.

Perbedaan exeed dan dakar cukup banyak, tidak heran kalau dari segi harga, bedanya juga cukup jauh, 40juta. Dari spec mesin yang jauh berbeda, dengan penambahan perangkat VGT, tenaganya meningkat jadi 178hp dari sebelumnya yang hanya 136hp. torsi pun meningkat dari 314Nm menjadi 350Nm. Tentu mesin ini lebih cocok untuk mengimbangi bodinya yang besar. Transmisi pada Dakar menggunakan 5-speed A/T (sebelumnya 4-speed). Lalu pembeda di exterior, pelek berdesain lebih garang dan grill honeycomb bernuansa krom. Lalu rear disc brakes (tipe Exceed rem belakangnya masih drum/tromol), paddleshift, dan sunroof.

Soal kualitas pengendaraannya, tidak berbeda dari Exceed dengan dakar yang sekarang. Yang jadi poin penting adalah : tenaganya. Torsi yang berlimpah di putaran bawah cukup menyenangkan untuk dibawa di dalam kota, berkat limpahan torsi sebesar 350Nm, tidak terasa sedang membawa mobil seberat 2 ton.
Hanya saja, yang terasa cukup mengganjal adalah, suara mesin masih masuk ke kabin, dan terasa agak kasar.

Penambahan rear disc brakes di tipe Dakar juga cukup membantu pengeremannya, tidak kedodoran mengimbangi tenaganya yang besar.

Pengoperasian paddleshift cukup mudah, tidak perlu memindahkan ke mode Sport seperti mobil pada umumnya. Namun ada hal yang cukup ganjil di mobil ini : mode Sport bisa dioperasikan lewat tuas transmisi dan paddleshift. Di tuas transmisinya ada mode tiptronic, sementara di setir ada paddleshift.

Positif :
- Tenaga besar
- Rear disc brakes
- Kualitas audio (Mitsubishi Power Sound System)
- Paddleshifts
- Model garang
- Minim blindspot, moncong mobil terlihat jelas, kondisi di sekitar mobil mudah terpantau.
- Ground clearance tinggi
- Fuel consumption cukup baik, sebanding dengan tenaganya
- Terbukti tahan banting

Negatif :
- Lantai tinggi dan headroom terbatas untuk pengemudi tinggi >170cm
- Bantingan keras
- Dimensi bodi besar dan radius putar besar menyulitkan untuk manuver memutar balik
- Wajib PertaDEX

Ringkasan :
Pajero Sport Dakar adalah suatu kombinasi yang sinergi antara mesin, transmisi, dan teknologi. Cocok untuk yang hobi berpetualang dan melibas jalan luar kota.

Pendapat Pribadi (Subjective) :
Jika anda mendambakan mobil diesel bertenaga besar, PJS Dakar menjadi pilihan yang cukup affordable, hanya saja jika anda tidak membutuhkan segala kelebihan Dakar, sepertinya Exceed saja sudah cukup.
http://livebeta.kaskus.co.id/show_post/000000000000000635312573/101

Tags:

Published by

Maaf blognya jarang update. karena aku sibuk. sibuk mikirin kamu #Ahey

0 comments:

Posting Komentar

Link broken? unavailable picture? Kurang jelas? Tell us!

 
Copyright © Gue , Gw , Gua bilang.. | Designed by Templateism.com